Oleh: LPIT Diposting: 06 Mar 2022

Pusat Pemodelan Matematika dan Simulasi

Pusat Pemodelan Matematika dan Simulasi (P2MS) dibuat untuk mempromosikan peran matematika dalam dunia pemodelan dan simulasi pada tahun 1994. Beberapa tahun belakangan, P2MS secara konsisten mengarah pada pusat multi disiplin ilmu matematika. Tujuannya adalah untuk menghubungkan keterkaitan antara ilmuwan, insinyur, dan praktisi di dunia industri yang dibutuhkan di mana P2MS saat ini, secara aktif membangun kelompok yang tergabung oleh ilmuwan lokal dan internasional. Sebuah terobosan besar telah ditunjukkan dari keberhasilan P2MS dalam mengoordinasikan Konsorsium Penelitian OPPINET (Optimalisasi Gas dan Jaringan Pipa Minyak) yang disponsori oleh Perusahaan Minyak dan Gas Bumi Indonesia sejak tahun 2001. Kolaborasi dengan sejumlah lembaga, nasional dan internasional, telah dibangun dan terus dikembangkan.

Pusat Pemodelan Matematika dan Simulasi – Institut Teknologi Bandung (P2MS ITB) adalah suatu pusat penelitian yang mewadahi kegiatan riset multidisiplin dan kolaborasi industri dan akademisi dalam penyelesaian masalah industri, di mana pemodelan matematika dan simulasi menjadi bagian penting dari kegiatan-kegiatan tersebut. Seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan oleh dosen ITB dari beberapa fakultas, peneliti, dan alumni yang secara bersama-sama menghasilkan rekomendasi  kebijakan, artikel ilmiah, dan decision  support system/software. Selain itu, tim ini melaksanakan beberapa kegiatan pengabdian masyarakat, pelatihan dan penyediaan kuliah serta magang yang secara langsung atau tidak langsung akan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang manfaat pemodelan matematika dan simulasi. 

Setelah lebih dari 20 tahun berdiri, P2MS ITB:
1  telah bermitra dengan  puluhan   industri, baik industri keuangan (bank, asuransi, pasar moda, penjaminan), telekomunikasi, transportasi udara, kesehatan,  minyak dan gas, pertanian, peternakan, perkebunan, dan institusi pemerintahan seperti kementrian pendidikan dan kesehatan,
2. telah menghasilkan beberapa Decision Support System/Software, diantaranya:

          1. PertafloSIM, 
          2. OppinetSIM, 
          3. Voyage Planning System,
          4. Aplikasi Taksasi dengan Historical Profiling PGN.

Keseluruh hasil diperoleh dari tiga research consortium yang dinaungi, yaitu:

1. Research Consortium Optimization in Pipeline Network (OPPINET)
2. Research Consortium Financial Modeling, Optimization and Simulation (FinanMOS)
3. Research Consortium  Mathematical Infectious Diseases Modeling and Simulation (MIDIMOS)

Selain kegiatan riset, P2MS-ITB juga mendukung dan melaksanakan pendidikan terkait industri keuangan dan juga teknologi blockchain, dimana pelaksanaannya didukung oleh para alumni ITB yang ahli di bidang-bidang tersebut. Pengelolaan kegiatan pendidikan dan riset terkait dikelola melalui platform teachingfactory.net yang didukung Learning Management System  powered by Open eDX. "

Ketua :      Dr. Saladin Uttunggadewa

Alamat : Gedung Labtek III Lt. 1, ITB
Jl. Ganesha No. 10 Bandung 40132, Indonesia

Kontak

Telp : +62 -22-2508126

Email : p2ms@itb.ac.id

Informasi lebih lengkap dapat diakses melalui link ppms.itb.ac.id

Pusat & Pusat Penelitian