l p i t

Loading

Oleh

LPIT

Diposting

20 Mar 2022

Roadmap

Berbagai sumber energi terbarukan yang terdapat disekitar kita, baik berupa matahari, angin, sumber  biomasa, maupun energi potensial untuk hidro skala kecil perlu dimanfaatkan untuk memenuhi  kebutuhan listrik atau energi dalam bentuk bahan bakar gas, cair, padat atau lainnya. 
Berbagai penelitian tentang energi telah dilakukan di Laboratorium baik dari hidro, angin, matahari  biomasa, maupun biofuel. Penelitian-penelitian tentang energi telah mencapai bebagai tingkatan, baik  skala laboratorium, prototipe untuk menghasilkan produk berupa bahan bakar bahkan sudah  menghasilkan energi listrik yang dapat masuk kejaringan. 
PPEBT di tahun 2017, berniat menggabungkan hasil penelitian yang telah atau sedang berjalan yang untuk  menjadi suatu tempat yang mandiri energi yang bersumber dari banyak sumber energi terbarukan yang  berpotensi untuk dikembangakan menjadi prototipe small grid yang dapat masuk ke jaringan PLN. 
 

Small Grid dari berbagai sumber energi baru dan terbarukan dengan sistem in/off grid 
Pada skema small grid dari banyak sumber energi terbarukan, (matahari, angin, biomasa, gasifikasi, hidro),  diharapkan dapat meningkatkan ketahanan energi dan merupakan sistem yang rendah emisi CO2. Model  ini perlu dikembangkan mengingat Indonesia mempunyai berbagai potensi energi terbarukan.