l p i t

Loading

Oleh

LPIT

Diposting

18 Mar 2022

Roadmap

"Untuk jangka pendek (tahun 2022 dan 2023) P2MS-ITB akan memfokuskan kegiatan pada riset kolaborasi industri dan akademisi di industri manufaktur, pangan, pertanian,  keuangan, minyak dan gas, pendidikan, serta industri kesehatan. Selain itu, bersama salah satu mitra, yaitu PT. Inamart Sukses Jaya, P2MS-ITB mengembangkan beberapa blockchain untuk kepentingan traceability system di sejumlah komoditas, serta blockchain untuk academic record keeping di platform teachingfactory.net. Selain itu, akan dikembangkan pula beberapa smart contracts dan decentralized identifier (DID) untuk membangun ekosistem blockchain sehingga P2MS-ITB dapat menawarkan blockchain complete solution di industri. 
Di bidang pendidikan, di tahun 2022 - 2023 ini P2MS-ITB diharapkan telah mempunyai kurikulum lengkap untuk pendidikan blockchain yang dapat diikuti oleh  mahasiswa dari perguruan tinggi manapun di Indonesia, dan menyelenggarakan beberapa batch kuliah dan magang virtual terkait riset operasi dan blockchain.

 
Untuk jangka menengah (tahun 2024 - 2006), kolaborasi riset  industri dan akademisi di bidang optimisasi, keuangan, minyak dan gas, pendidikan, serta industri kesehatan  tetap menjadi fokus kegiatan. Berdasarkan hasil yang diperoleh di tahun-tahun sebelumnya, P2MS-ITB akan mengembangkan blockchain dan smart contracts untuk penyelesaian masalah di industri mitra yang belum menggunakan teknologi blockchain. Selain itu, dengan ketersediaan periset dengan kemampuan mengembangkan blockchain solution, P2MS-ITB bersama salah satu mitra akan mengintegrasikan blockchain dan IoT serta big data/sains data untuk menghasilkan enhanced blockchain solution bagi industri. 


Untuk jangka panjang (tahun 2007-2031), P2MS-ITB akan tetap berfokus pada penyelenggaraan kolaborasi riset  industri dan akademisi di bidang apapun yang memerlukan teknik penyelesaian matematika, teknologi blockchain, IoT dan bigdata/sains data. DI periode ini diharapakan ekosistem blockchain P2MS-ITB menjadi rujukan ekosistem blockchain di perguruan tinggi lainnya dan juga di industri."