l p i t

Loading

Oleh

LPIT

Diposting

16 Mar 2022

Profil

Sejak didirikan pada tahun 2011, PPI-ITB bertanggung jawab untuk melakukan penelitian dan pengembangan di bidang ilmu pengetahuan dasar, mitigasi, dan adaptasi perubahan iklim baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Pendirian tersebut diresmikan dengan Keputusan Rektor ITB No. 267/SK/K01/OT/2010. ITB merupakan perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia, yang statutanya berada di bawah Peraturan Pemerintah Indonesia No. 65 Tahun 2013.

Visi PPI-ITB adalah menjadi pusat perubahan iklim, dan terdepan dalam bidang perubahan iklim serta mampu memberikan solusi mitigasi dan adaptasi, melalui pendekatan ilmiah, teknologi dan kebijakan, untuk mengembangkan tata kelola dan keuangan perubahan iklim yang terintegrasi.

Kontribusi Pusat terhadap lanskap kebijakan iklim Indonesia antara lain, Peta Jalan Sektoral Perubahan Iklim Indonesia (ICCSR) yang diberikan kepada Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melalui kerjasama dengan GIZ; sebelumnya GTZ), Rencana Aksi Nasional Adaptasi Perubahan Iklim (RAN-API) yang dipimpin oleh Bappenas, didukung oleh Asian Development Bank (ADB) pada tahun 2012-2014, dilanjutkan dengan review RAN-API, didukung oleh USAID, JICA, dan Kementerian Lingkungan Hidup Jepang pada 2017-2018. Baru-baru ini, PPI-ITB juga berkontribusi dalam penilaian sumber daya air terpadu terhadap perencanaan penyediaan air minum daerah di Indonesia, yang didukung oleh Bank Dunia pada tahun 2018.

PPI-ITB memiliki pengalaman kerja sama yang luas dengan berbagai Organisasi Internasional dan telah memberikan masukan kepada berbagai Instansi Pemerintah baik pada tingkat nasional, daerah dan lokal di Indonesia, misalnya. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional, Kementerian Pekerjaan Umum dan Permukiman, dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang di berbagai provinsi dan kota di Indonesia. Disamping itu, PPI-ITB juga memiliki pengalaman kerja sama dengan Kementerian Pertanian dan Perikanan Republik Timor Leste, didukung oleh UNDP-Timor Leste dan GEF.